Label

Sabtu, 07 Juli 2012

Refleksi 50 tahun Jurusan Antropologi Univ. Udayana



Kerabat, sangat tepat hari ini diadakan sebuah sarasehan untuk 50 tahun Jurusan Antropologi. Tulisan ini saya buat karena kecintaanku sebagai alumni atau “bekas” mahasiswa Antropologi Udayana yang akhirnya membuatku memperoleh gelar sarjana dari almamater ini.

Saya berpikir, mengembangkan sebuah jurusan di universitas selalu terletak kepada tujuan buat apa jurusan itu dibuat. Umur yang tidak lagi muda, waktunya kita bertanya, apa perlu Jurusan Antropologi Udayana ini dibuat maju sejajar dengan universitas lain yang memiliki jurusan sama, atau seperti ini saja, atau bahkan dimundurkan. Jawabannya terletak kepada pengelola jurusan dan alumni jurusan ini. Harapan saya jurusan ini menjadi sebuah jurusan yang layak menjadi pilihan pertama ketika ingin kuliah mengambil jurusan. 

Kita tahu jurusan kita ini bagian dari ilmu sosial di negeri ini yang belum dipandang sebagai sebuah kebutuhan. Hanya lulusan yang kompetitif yang diterima di pasaran. Pengelola jurusan sudah waktunya berpikir dengan istilah customer satisfaction, seperti layaknya pengelola sebuah lembaga professional yang selalu berpikir kepuasan pelanggan. Jurusan Antropologi Universitas Udayana harus menjadi pilihan utama bila ingin kuliah jurusan Antropologi.

Saya sadar betul, bahwa kemampuan akademik mahasiswa tidak hanya tergantung dari pengelola jurusan, namun dipengaruhi juga oleh input calon mahasiswa. Saya berpikir jurusan akan lebih baik hanya menerima 1 orang calon mahasiswa yang memiliki kualitas daripada 1000 orang yang masuk karena “agar” diterima di Perguruan Tinggi Negeri.
Saya yakin Jurusan Antropologi Udayana bukan sebuah warung makan yang hanya menunggu pembeli. Kalau pun menjadi warung makan, jadilah yang memang dipilih oleh pelanggan, calon mahasiswa. Letakkan rasa malu di pundak pengelola jurusan dan alumni bila jurusan tidak maju. Susun indikator maju saat sarasehan.
Rasa memiliki akan tumbuh bila diberikan ruang untuk memiliki rasa itu.
Selamat melakukan sarasehan.
 
Sudarsono
 
Alumni Antropologi Udayana Angkatan tahun 1987.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar